Semua merek otomotif memiliki sejumlah ekspektasi, prasangka tentang tingkat performa dan kenyamanan mobil mereka. Namun, hanya sedikit yang memiliki bobot dan ekspektasi seperti merek Bentley. Didirikan pada tahun 1919, pabrikan yang berkantor pusat di Crewe ini bertanggung jawab atas beberapa mobil paling canggih di dunia. Oleh karena itu, setiap tambahan baru pada jajarannya harus menghormati produk-produk sebelumnya.
Itu adalah hal yang sulit saat ini. Setiap produsen mobil dihadapkan dengan tuntutan yang semakin besar akan teknologi dan kepekaan lingkungan. Itu tidak selalu sesuai dengan tuntutan tradisional akan kenyamanan dan performa.
Kedua dunia itu bertabrakan dalam Bentley Continental GT Speed yang baru. Mobil ini memiliki gaya dan keanggunan khas Bentley yang langsung dapat dikenali, tetapi dengan penyempurnaan yang radikal. Mobil ini memiliki interior yang sama mewahnya, tetapi dipenuhi dengan lebih banyak teknologi daripada sebelumnya. Terakhir, mobil ini menawarkan tingkat performa yang sama mendebarkan, tetapi menghadirkannya dengan cara yang sama sekali baru.
Bertenaga Colokan
Ini adalah Continental hybrid pertama, yang juga merupakan plug-in, semacam langkah awal transisi menuju masa depan serba listrik merek tersebut, yang pernah ditargetkan pada tahun 2030 tetapi sekarang bergeser sedikit lebih jauh di masa mendatang.
Melihat perubahan radikalnya dari mesin W12 pendahulunya, yang akan kita bahas sebentar lagi, Continental GT baru menawarkan tampilan dan nuansa yang familier dari kejauhan, tetapi jika kita mendekat, kita akan melihat betapa halusnya desain baru mobil ini.
Siluetnya sudah tidak asing lagi, dan hidung yang lebih panjang ditambah kabin yang lebih ke belakang dan spatbor belakang yang kuat semuanya memberikan kesan canggih yang sama seperti sebelumnya. Namun, banyak perubahan, yang paling signifikan adalah peralihan ke satu lampu depan di bagian depan. Teknologi pencahayaan modern memungkinkan Continental baru untuk menghasilkan lebih banyak cahaya dari sumber yang lebih kecil, membersihkan bagian depan dan memberikan kesan klasik pada Bentley S2 dari akhir tahun 50-an.
Namun, terlepas dari penyederhanaan itu, perhatikan lebih dekat lagi, dan Anda akan melihat banyaknya detail pada lampu depan tersebut. Ceritanya sama di bagian belakang, di mana lampu belakang oval yang ringkas dibingkai dalam lingkaran cahaya yang indah seperti permata. Selain itu, bagian belakang juga agak lebih sederhana dari sebelumnya, dengan spoiler pop-up yang diganti dengan unit yang bersih dan terintegrasi.
Di Dalam
Interiornya juga tidak terlalu mewah dibandingkan sebelumnya, sedikit dikurangi dari banyaknya krom dan tombol yang ditemukan pada mobil generasi sebelumnya. Mobil ini menawarkan hampir semua teknologi yang Anda inginkan, termasuk layar sentuh 12,3 inci dengan Android Auto nirkabel dan Apple CarPlay, plus pengisi daya nirkabel dan sepasang port USB-C.
Kelompok pengukur juga kini sepenuhnya digital, dengan sejumlah tampilan berbeda yang menawarkan berbagai tingkat detail, lebih atau kurang tergantung pada suasana hati atau gaya Anda. Pengalaman keseluruhan tidak memiliki polesan dan nuansa sistem kelas atas dari Mercedes-Benz atau BMW, tetapi setidaknya menawarkan semua fitur yang tepat.
Selain itu, interiornya menawarkan perpaduan yang hebat antara kemewahan dan gaya yang canggih. Lapisan serat karbon yang membentang di pintu dan dasbor terkadang menangkap sinar matahari dengan cara yang mengganggu, tetapi memiliki kedalaman yang bersih dan mengilap yang tidak ditemukan pada banyak aplikasi komposit di dasbor.
Bahan untuk kulit dan serat mikro sangat bagus, begitu pula jahitan yang sempurna di mana-mana. Namun, ada sedikit plastik di sini, termasuk kelompok tombol yang mengelilingi tuas transmisi tegak. Namun, tata letaknya setidaknya bersih dan mudah digunakan, dan menyediakan akses mudah ke fungsi yang sering Anda inginkan, seperti mengganti jok berventilasi yang sangat dingin.
Meskipun plastiknya kadang-kadang agak mengecewakan, nuansa kontrolnya sangat bagus. Pemilih mode, tepat di belakang tuas transmisi, berputar dengan bobot yang luar biasa, dan bahkan lampu sein bergerak dengan bobot yang signifikan.
Performa Ukuran Besar
Sensasi kontrolnya pas mengingat bobot mobil ini. Continental plug-in baru ini memiliki berat lebih dari 5.400 pon, sebagian besar berkat baterai 25,9 kilowatt-jam dan sistem hibrida baru. Motor listrik dipasangkan dengan mesin V8 4.0 liter twin-turbocharged.
Tenaga gabungan sistemnya adalah 771 tenaga kuda dan torsi 738 pound-feet. Beberapa orang mungkin mengeluhkan kurangnya mesin W12 milik Continental GT Speed sebelumnya, tetapi mesin itu hanya menghasilkan 626 hp. Ditambah lagi, mesin itu hanya menghasilkan 15 mpg.
Mobil itu butuh waktu 3,9 detik untuk mencapai kecepatan 60. Mobil ini mencapai kecepatan 60 dalam 3,1 detik dan memiliki kecepatan tertinggi 208 mph. Bentley belum memiliki angka penghematan bahan bakar, tetapi dalam pengujian campuran saya, saya memperoleh angka 16,9 mpg, dan seperti yang dapat Anda bayangkan, saya tidak benar-benar santai.
Kecepatan yang lebih tinggi, respon throttle yang lebih baik, dan efisiensi yang lebih tinggi menghasilkan perpaduan yang cukup bagus.
Tidak mungkin banyak pemilik Bentley akan terlalu khawatir tentang penghematan bahan bakar, tetapi senang melihat mobil-mobil mewah pun turut ambil bagian dalam mengurangi dampaknya terhadap lingkungan. Demikian pula, semua orang dapat menikmati pengalaman menyenangkan berkendara dalam mode listrik penuh.
Bentley mengatakan Continental GT baru dapat melaju hingga 50 mil dengan sekali pengisian daya dan dapat melaju hingga 80 mph tanpa menggunakan mesin V8. Dalam Mode E (tersedia melalui tombol khusus), mobil coupe besar ini tetap enak dikendarai, tentu saja benar-benar senyap, dan sangat halus tetapi masih cukup bertenaga dan mampu mengikuti arus lalu lintas.
Namun, saya merasa agak terlalu mudah untuk membuat V8 berputar. Bahkan dalam mode ini, jika Anda menginjak pedal gas lebih dari tiga perempat, mesin akan berputar dengan cepat dan lancar, sehingga menambah dorongan yang kuat pada pengalaman berkendara. Penyerahan ini sangat penting dalam mobil hibrida, dan Bentley telah berhasil melakukannya di sini, dengan tenaga yang meningkat secara proporsional saat mesin berputar tanpa guncangan torsi yang sangat kuat seperti yang terjadi pada banyak mobil hibrida yang lebih rendah.
Saya hanya berharap dapat menonaktifkan V8 secara eksplisit dan mengendarai mobil hanya dengan tenaga baterai.
Dalam mode berkendara default, yang dijuluki “Bentley,” Continental melaju kencang saat Anda menginjak pedal gas, tetapi tetap tenang dan terkendali saat Anda berjalan lambat di kota. Bagi mereka yang menginginkan ketenangan, putar kenop ke kanan untuk mode Comfort, yang mengurangi tekanan pada pedal gas dan suspensi udara katup ganda yang baru. Ada juga mode khusus di bagian paling kanan, jika Anda tidak menyukainya.
Namun mode yang paling menyenangkan ditemukan di paling kiri, Sport, yang menguatkan suspensi dan mempertajam respons gas. Dalam mode ini, V8 dan sistem hibrida bekerja sama dalam harmoni yang paling dekat, motor listrik menggerakkan mobil sebelum V8 menderu dan membuat mobil melaju kencang hingga kecepatan yang Anda anggap dapat diterima.
Penanganannya juga sangat baik. Meskipun bobotnya ekstra, GT Speed dapat berputar dengan cepat, dan teknologi anti-roll Bentley Dynamic Ride 48 volt menjaga semuanya agar tidak miring berlebihan.
Kenyamanan dengan Kecepatan
Namun, bahkan dalam mode Sport, Continental masih dapat melaju dengan baik di jalan yang buruk dan terasa nyaman. Joknya, meskipun dijahit dengan indah, sangat nyaman, dan meskipun pijatannya agak halus menurut selera saya, kekuatan pemanas dan ventilasinya tidak dapat disangkal.
Kursi belakang memang memiliki ruang kaki yang terbatas, tetapi ada ruang kepala yang cukup, cukup untuk menyelipkan orang dewasa di sana untuk makan malam sebentar jika Anda benar-benar perlu. Anak-anak akan lebih nyaman.
Untuk perjalanan yang lebih jauh, Anda memiliki sistem suara Naim untuk dinikmati, yang sangat bertenaga dan sedikit mengutamakan bass secara default, tetapi menawarkan banyak slider dan konfigurasi untuk menyesuaikannya dengan nada yang Anda inginkan.
Anda juga akan mendapatkan bagasi yang cukup besar, berkapasitas 13 kaki kubik. Itu sedikit lebih kecil dari sebelumnya, berkat baterainya, yang terletak di bawah lantai, tetapi masih lebih besar daripada yang lain di kelas ini.
Continental juga menawarkan paket keselamatan aktif yang layak, sesuatu yang sering kali kurang pada mobil mewah kelas atas seperti ini. Cruise adaptif bekerja dengan baik di jalan raya tetapi sangat konservatif, meninggalkan celah besar di depan bahkan pada jarak terdekat, yang tidak bekerja dengan baik dalam kemacetan lalu lintas California yang umum. Lane keep aktif juga membantu, tetapi terkadang kesulitan untuk tetap melihat garis di jalan.
Saya harus menunjukkan di titik ini bahwa saya sedang menguji model praproduksi mobil tersebut, jadi semoga saja, ada waktu untuk sedikit meningkatkan fungsionalitas ini sebelum mobil mulai muncul di dealer.
Harga dan Opsi
Saat ini, kami masih belum tahu pasti berapa harga Bentley Continental GT Speed 2025. Ya, harganya masih di kisaran “kalau Anda mau tanya”, tetapi bagi kami yang sekadar ingin tahu, sebaiknya Anda menyiapkan sekitar $300.000 sebelum menghubungi dealer setempat.
Tentu saja, bagian dari kesenangan memiliki mobil seperti ini adalah kustomisasi. Bentley akan melakukan apa pun yang Anda inginkan, tetapi jika Anda menginginkan barang-barang premium, Anda harus terus menaikkan anggaran beberapa digit.
Terlepas dari seberapa banyak atau sedikit Anda memodifikasi mobil Anda, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk salah satunya. Apakah mobil ini sepadan? Perpaduan antara performa dan ketenangan di sini sulit dikalahkan, mobil besar yang terasa ringan dan lincah namun menawarkan stabilitas yang mudah di kecepatan berapa pun. Mobil ini pasti menyenangkan untuk dikendarai, dengan hanya beberapa bagian kasar yang perlu dihaluskan.