Setelah menyaksikan banyak sekali konsep perubahan bentuk dan prototipe kerja, saya selalu mendambakan seperangkat roda yang praktis dalam penggunaan di kehidupan nyata dan cukup mudah untuk diubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Yang membuat saya takjub, keinginan tersebut setengah terpenuhi oleh sebuah startup otomotif India. Temui S32 EV yang merupakan skuter listrik yang berubah menjadi e-rikshaw dan sebaliknya.
Meskipun Anda tidak akan melihat saya mengendarai e-rikshaw setidaknya seumur hidup ini, kendaraan tersebut sepertinya merupakan pilihan yang sangat baik untuk penggunaan komersial. Mengingat tingginya intensitas perjalanan, pengantaran ke rumah, dan kebutuhan logistik di negara ini, produk ini akan menjadi produk yang sukses. Dirancang khusus untuk anak benua India, skuter listrik dapat memenuhi banyak tujuan – baik itu perjalanan Anda ke supermarket untuk membeli bahan makanan atau mengangkut kargo berukuran sedang melintasi kota.
Desainer: Surge EV
Rangka bodi yang dapat diganti merupakan inovasi pertama di industri dan semudah membuka bagian depan (fasia) becak dan menggeser keluar kendaraan roda dua. Transisi ini memakan waktu kurang dari tiga menit berkat mekanisme pegas yang dirancang khusus, mengubah becak elektronik roda tiga menjadi skuter listrik begitu cepat sehingga Anda akan takjub melihatnya secara real time. Semua ini dilakukan dengan satu sentuhan tombol tanpa memerlukan alat apa pun. Hasilnya adalah kendaraan fleksibel yang dapat mengambil salah satu dari dua bentuk tersebut tergantung kebutuhan.
Kendaraan yang bertransformasi memiliki cakupan yang sangat kecil untuk penggunaan pribadi, ini merupakan pilihan bagus untuk penggunaan komersial. Misalnya, vendor pengiriman dapat mengonfigurasi S32 dengan cepat tergantung pada kebutuhan klien tanpa perlu menyimpan dua kendaraan terpisah untuk setiap penggunaan. Setiap modul memiliki baterai terpisah (diisi secara independen) dan motor untuk menjadikannya independen. Di bagian dalam kendaraan dilengkapi dengan lampu LED, speedometer digital, dan switchgear.
Ketika keduanya digabungkan, mode becak roda tiga diaktifkan – mengaktifkan baterai 11 kWh yang lebih besar, menghasilkan 6bhp. Ia cukup bertenaga untuk mengangkut beban seberat 500 kg dan memiliki kecepatan tertinggi 50 km/jam. Saat dipisahkan, baterai 3,5 KWH skuter listrik ini diaktifkan untuk perjalanan, memiliki kecepatan tertinggi 60 km/jam berkat output 4 bhp.
Hero Motor Corp mengatakan modul becak dapat dibeli dalam opsi pengangkutan dengan tempat tidur kargo atau konfigurasi penumpang dengan kursi di belakang. Perusahaan belum mengungkapkan harga atau tanggal rilis sebenarnya tetapi mereka telah mengisyaratkan kemungkinan jadwal produksi pada tahun 2025.