Audi A6 e-tron memadukan teknologi canggih dengan estetika yang memukau. Baik eksterior maupun interiornya mencerminkan dedikasi Audi terhadap presisi dan inovasi. Sejak pertama kali melihat A6 e-tron, garis-garisnya yang bersih dan canggih sudah terlihat jelas. Desainnya memadukan fungsionalitas dengan tampilan visual yang berani. Berikut ini adalah ulasan lebih dekat mengenai detail yang menjadikan kendaraan ini sebagai kendaraan listrik yang luar biasa.
Desainer: Audi
Desain bagian depan menonjolkan rangka tunggal terbalik khas Audi, yang dibungkus topeng hitam ramping. Desain ini dengan cerdik memadukan lampu utama, sensor ADAS, dan saluran masuk udara, sehingga menciptakan bagian depan yang mulus dan fungsional. Lampu daytime running yang ramping dan gril yang lebar memberi A6 e-tron tampilan yang luas dan tegas di jalan.
Profil samping A6 e-tron mengesankan dengan garis atapnya yang dinamis dan ketinggian berkendara yang rendah, meningkatkan efisiensi aerodinamis dan memberikan tampilan yang ramping dan sporty. Lepuh Quattro yang menonjol di setiap lengkungan roda menekankan kemampuan performa mobil, memberikannya posisi yang kuat. Sisipan hitam di sepanjang area ambang menyoroti penempatan baterai, membentang secara visual ke bagian belakang dan mengintegrasikan reflektor untuk tampilan yang lebih luas. Bagi mereka yang lebih menyukai sentuhan yang lebih tradisional, model Avant menampilkan trim tampilan aluminium yang khas dari pilar A hingga spoiler atap, yang menambahkan elemen yang unik dan bergaya.
Di bagian belakang, A6 e-tron memadukan keanggunan sporty dengan aerodinamika fungsional. Strip lampu tiga dimensi yang berkesinambungan membentang di sepanjang lebar kendaraan, menaungi lampu belakang OLED digital generasi kedua. Dengan 450 segmen individual, lampu ini menawarkan ciri khas lampu yang dapat disesuaikan dan meningkatkan keselamatan jalan melalui komunikasi mobil-ke-X. Diffuser belakang, yang dirancang untuk performa aerodinamis yang optimal, dan spoiler tambahan pada model Avant mengurangi hambatan dan meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi.
Keunggulan aerodinamis Audi terlihat jelas pada A6 e-tron. Kendaraan ini mencapai koefisien hambatan yang rendah (0,21 untuk Sportback, 0,24 untuk Avant) berkat beberapa fitur utama. Tirai udara di bagian depan mengatur aliran udara di sekitar roda, mengurangi turbulensi dan hambatan. Kaca jendela yang ramping dan garis atap yang landai memberikan kontribusi pada profil ramping yang menembus udara dengan hambatan minimal. Di bagian bawah, bagian bawah mobil disegel dan dioptimalkan secara ekstensif, termasuk trim roda yang disesuaikan secara khusus dan tonjolan 3D di depan roda depan untuk lebih memperlancar aliran udara.
Asupan udara dingin yang dapat dikontrol di bawah gril Singleframe memastikan pendinginan yang efisien sekaligus meminimalkan kerugian aerodinamis. Diffuser belakang menyeimbangkan daya angkat dan hambatan, meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi. Model Avant dilengkapi spoiler tambahan pada diffuser dan spoiler samping di bagian belakang untuk mengatur aliran udara secara lebih efektif, yang berkontribusi pada koefisien hambatan yang sedikit lebih tinggi daripada Sportback tetapi tetap mempertahankan kinerja aerodinamis yang mengesankan.
Kaca spion eksterior virtual generasi kedua, kini dilengkapi kamera kompak yang dapat dilipat secara elektrik, mengurangi area depan kendaraan dan meningkatkan koefisien hambatan. Kaca spion ini meningkatkan tampilan mobil yang ramping dan memberikan manfaat praktis dengan mengurangi hambatan aerodinamis.
Di bagian dalam, A6 e-tron terus memukau dengan desain yang berfokus pada pengguna. Konsep panggung digital dilengkapi layar panorama, memadukan layar sentuh MMI 14,5 inci dengan kokpit virtual 11,9 inci. Layar penumpang depan MMI 10,9 inci opsional menawarkan Mode Privasi Aktif, yang memungkinkan penumpang menikmati hiburan tanpa mengganggu pengemudi. Tampilan head-up augmented reality generasi kedua menyediakan informasi relevan langsung di garis pandang pengemudi.
Kenyamanan dan fungsionalitas menjadi pusat perhatian dalam desain interior. “Soft wrap” membentang dari pintu ke pintu, menciptakan ruang yang kohesif dan menyeluruh. Material berkualitas tinggi menutupi setiap permukaan, membedakan antara area kontrol yang berorientasi pada kenyamanan dan yang dirancang dengan tepat. Ventilasi udara yang rendah dan ramping menyatu dengan latar belakang, menekankan garis-garis bersih pada interior. Tampilan untuk kaca spion eksterior virtual diposisikan secara ergonomis di dalam pintu agar mudah dilihat.
Audi A6 e-tron memadukan teknologi modern dengan sempurna. Sistem infotainment, yang didukung oleh Android Automotive OS, diperbarui melalui udara untuk menjaga layanan Audi Connect terkini tetap mutakhir. Audi Application Store menawarkan berbagai aplikasi pihak ketiga, sementara perencana rute e-tron yang disempurnakan memastikan perjalanan yang efisien. Asisten Audi, yang terintegrasi dengan ChatGPT, menyediakan kontrol suara yang intuitif untuk berbagai fungsi kendaraan, yang meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan.
Dengan desain melengkung dan teknologi OLED, layar panorama MMI terdiri dari kokpit virtual Audi 11,9 inci dan layar sentuh MMI 14,5 inci. Panggung digital ini dilengkapi dengan layar penumpang depan MMI 10,9 inci opsional, yang dilengkapi Mode Privasi Aktif. Berkat kontrol arah cahaya cerdas berdasarkan kecepatan dan keterisian kursi, penumpang kursi depan dapat menikmati konten hiburan tanpa mengganggu pengemudi.
Desain interiornya menekankan suasana rumahan dengan struktur yang jelas dan kelapangan. “Soft wrap” membentang dari pintu hingga ke seluruh lebar panel kontrol, menciptakan ruang yang kohesif dan menyeluruh. Area yang berorientasi pada kenyamanan memiliki permukaan yang luas dan material yang lembut, sementara area kontrol menggunakan lapisan hitam mengilap berkualitas tinggi untuk menonjolkan titik interaksi. Ventilasi udara yang rendah dan ramping menyatu dengan latar belakang, mempertahankan garis-garis bersih interior.
Layar untuk kaca spion eksterior virtual opsional diposisikan secara ergonomis di dalam pintu, memastikannya mudah terlihat tanpa mengganggu pengemudi. Penempatan yang cermat ini meningkatkan kemampuan pengemudi untuk memantau lingkungan sekitar dengan nyaman.
Audi A6 e-tron menetapkan standar baru dalam desain kendaraan listrik. Eksteriornya memadukan keanggunan dengan efisiensi aerodinamis, sementara interiornya berfokus pada teknologi dan kenyamanan yang mudah digunakan. Secara pribadi, saya menyukai tampilan Avant—gayanya dan sangat praktis. Model mana yang Anda sukai?
Informasi Spesifik Pasar AS
Audi akan meluncurkan varian A6 e-tron, A6 e-tron quattro, dan S6 e-tron Sportback di pasar AS. Struktur penawaran untuk A6 e-tron di pasar AS akan berbeda dari peluncuran global.
A6 e-tron (RWD) Sportback menghasilkan 362 hp dan berakselerasi dari 0-60 mph dalam waktu sekitar 5,2 detik, dengan kecepatan tertinggi 130 mph. A6 e-tron quattro Sportback menawarkan 422 hp dan mencapai 0-60 mph dalam waktu sekitar 4,3 detik, dengan kecepatan tertinggi yang sama. S6 e-tron Sportback memiliki 496 hp, yang dapat ditingkatkan menjadi 543 hp dengan kendali peluncuran, mencapai 0-60 mph dalam waktu sekitar 3,7 detik dan kecepatan tertinggi 149 mph.
Spesifikasi kisaran EPA akan diumumkan mendekati tanggal penjualan di AS. Koefisien hambatan Eropa sebesar 0,21 Cd didasarkan pada penawaran roda tertentu. Sayangnya, kaca spion eksterior virtual tidak tersedia di AS
A6 e-tron memiliki baterai 100 kWh (94,4 kWh netto), dengan pengisian daya AC pada 9,6 kW (240V/40A) dan pengisian daya cepat DC pada 270 kW HPC pada 800 volt, yang mampu mencapai 10-80% SOC dalam 21 menit. Warna yang tersedia untuk model AS meliputi abu-abu magnetik (solid), putih metalik Glacier, hitam metalik Mythos, biru metalik Plasma, biru metalik Malpelo, dan abu-abu metalik Typhoon. S6 e-tron juga menawarkan efek mutiara krem Siam dan abu-abu Daytona.
A6 dan S6 e-tron menawarkan hingga delapan tanda lampu yang dapat disesuaikan. Namun, karena peraturan AS, fungsi pencahayaan tertentu—seperti lampu depan LED matriks adaptif, komunikasi mobil-ke-X, dan tanda lampu digital aktif—tidak akan tersedia. Informasi yang lebih terperinci akan diumumkan mendekati tanggal penjualan di AS, termasuk informasi produk khusus pasar AS, spesifikasi kinerja, harga, dan informasi jarak tempuh/emisi yang dinilai EPA.